IKA FH UNS Merupakan Organisasi yang Bersifat Sosial, Akademis dan Profesional

kampus-fakultas-hukum-fh-universitas-sebelas-maret-uns-surakartaIkatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta menggelar Halalbihalal di Borobudur Room Hotel Novotel Solo, Minggu (11/8). Acara tersebut terbuka bagi seluruh alumni mulai dari angkatan pertama tahun 1976 hingga angkatan 2009 yang baru saja lulus. Ratusan alumni dari berbagai angkatan pun hadir pada acara yang berlangsung dengan hangat untuk menyatukan generasi ke generasi.

Sejak setahun terakhir, IKA FH UNS memang beberapa kali menggelar acara. Beberapa bulan lalu, IKA FH UNS sukses menggelar musyawarah nasional dan pemilihan ketua umum baru. Acara tersebut diisi dengan berbagai kegiatan sosial, di antaranya konsultasi hukum gratis kepada masyarakat bertempat di Fakultas Hukum UNS. Kemudian, dilanjutkan dengan napak tilas ke kampus pertama FH UNS yang berada di kawasan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Baru lima bulan berselang, mereka kembali mengumpulkan alumni dalam suasana Lebaran yang dikemas dalam halalbihalal dihadiri oleh pejabat kampus, termasuk Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS serta Dekan FH UNS Prof Hartiwiningsih. Hadir pula Ketua IKA FH UNS, Dr Widyo Pramono SH MHum. Saat ini, lulusan FH UNS menyandang berbagai profesi berkumpul bersama. Suasana silaturahmi semakin hangat dengan hiburan Tera Band.

 ikatan-keluarga-alumni-fakultas-hukum-universitas-sebelas-maret-ika-fh-uns-surakarta

Penghargaan

Di sela-sela halalbihalal, alumni FH memberikan penghargaan kepada 11 dosen yang telah purnatugas. Penghargaan itu diterima secara simbolis oleh salah satu mantan dekan yang telah pensiun, Sunarno Danusastro. Uniknya, sejumlah alumni datang ke acara tersebut dengan didampingi oleh pasangannya yang sama-sama lulusan FH UNS. Mereka langsung mendapat hadiah hadir yang telah disediakan oleh panitia. “Hadiah hadir juga diberikan kepada lulusan yang masih mengingat teori-teori dalam ilmu hukum,” ungkap  Dr Pujiono Suwadi, ketua panitia.

Ketua IKA FH UNS, Widyo Pramono mengatakan organisasi tersebut menjadi salah satu organisasi alumni yang paling aktif di UNS. “Kami juga ingin memberikan kontribusi kepada kampus yang telah menjadi tempat bagi kami dalam menuntut ilmu,” katanya.

Menurut Widyo, IKA FH UNS merupakan organisasi yang bersifat sosial, akademis dan profesional yang bertujuan untuk mewujudkan alumni FH UNS yang bersikap profesional di bidangnya masing-masing, berwatak sosial dan peka serta peduli terhadap permasalahan sosial yang ada, berpikir dan bertindak cerdas dalam melangkah namun tetap bersedia mengabdi dan membela kepentingan masyarakat bangsa dan negara. Organisasi ini berdiri 8 Maret 2008 hingga batas waktu yang tidak ditentukan lamanya atau tidak terbatas.”Fakultas Hukum UNS telah melahirkan alumni-alumni  berkualitas dan sukses berkiprah di bidangnya masing-masing. Melalui wadah IKA FH UNS diharapkan semangat kekeluargaan dan solidaritas sesama alumni dapat terbina dengan baik, sehingga semangat untuk berkontribusi  para alumni dapat terfasilitasi dengan baik,” ungkapnya.

Miliki Website

IKA FH UNS memiliki program untuk mengintensifkan komunikasi antaralumni. Caranya, mereka telah membuat sebuah website yang bisa dijadikan ajang komunikasi bagi para alumni yang saat ini sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Pada acara halalbihalal, sekaligus dilakukan re-launching website alumni FH UNS. Kegiatan re-launching website tersebut juga menjadi pertanda eksistensi dan kuatnya IKA FH UNS.

Website ini diharapkan mampu menjembatani komunikasi antaralumni yang sudah tersebar di penjuru tanah air,” ungkap Dr Pujiono Suwadi.

Sebelumnya, website IKA FH UNS pernah di-launching pada bulan Juni lalu oleh pengurus IkA, tapi akan kembali di-launching untuk disosialisasikan kepada seluruh anggota. Website yang beralamat di http://www.ika-fhuns.com ini baru berusia satu bulan. Website ini memuat program kerja kepengurusan, direktori alumni, serta sejumlah artikel tentang perkembangan hukum terkini.

“Ke depan website ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas forum sehingga alumni bisa berinteraksi secara aktif,” lanjutnya.

Sementara itu, salah satu alumni FH UNS yang berprofesi menjadi advokat Heru S Notonegoro mengungkapkan bahwa keberadaan IKA FH UNS ini sudah dikomunikasikan kepada mahasiswa FH. Bahkan sejak mahasiswa masuk pertama, mereka sudah mulai memperkenalkan diri. Hal ini supaya ada pengetahuan dini bagi mereka bahwa ada ikatan alumni setelah mereka lulus. “Agar mahasiswa ini ada kebanggaan berkuliah di FH UNS. Acara Halalbihalal pun juga kita melibatkan mahasiswa,” tutupnya. Rahayu Astrini

Sumber Berita:

http://portal.joglosemar.co

Sumber Gambar:

http://www.soloblitz.co.id

Iklan

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Berita Hukum dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s